Minggu, 13 Mei 2012

Komponen / Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya

Mungkin postingan semacam ini sudah sering anda baca dan lihat di berbagai blog. Namun apa salahnya jika saya memposting kembali Komponen / Bagian-bagian CPU dan Fungsinya untuk berbagi pengetahuan kepada khalayak umum. iya kan? hehe
Baik langsung saja pada pembahasan.



CPU (Central Processing Untit) adalah induk atau pusat pemprosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubng satu sama lain. Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam CPU secara umum adalah sebagai berikut :

1. Casing 



Casing  Berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainyaMelindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.


2 . Motherboard 


Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

 
3 . Prosessor

 
Prosessor secara garis besarnya merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar.
 
 
4 . RAM

 
RAM  (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.4 .Chipsetmengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.


5 . VGA

 
VGA (Video Graphic Adapter) atau kartu grafis adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor.



6 . Sound card

 
Sound card  berfungsi sebagai prosesor audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.



7 . Harddisk

 
Harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin bayak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan kapsitas  harddisk adalah byte. Saat ini kapasitas harddisk dopasaran bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, hingga 3 Tera. Fungsi dari harddisk adalah sebagai tempat penyimpanan data.


8. Power supply

 
Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer.
Power supply dibedakan atas daya yang dimiliki, seperti: 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan berkembangan mengikuti perkembangan teknillogi komputer.


9. Optical disk drive

 
Optical disk drive lebih banyak dikenal dengan sebutan CD/DVD ROM, merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD. Yang termasuk kedalam optical drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.


Yups mungkin itulah postingan mengenai Komponen / Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya. semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.





43 komentar:

  1. Balasan
    1. Mudah2n bermanfaat. tapi jangan di jadikan sebagai bahan contekan ya. Alangkah baiknya jika digunakan atau dipelajari secara bijak! Terimakasih.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. thanks gan buat ilmu nye,,ane ge coba2 mau ngerakit pc ne,,ya atas informasinya cukup ngebantu.

    BalasHapus
  4. akhirnyaaaa, thankyou !!! tugas TIK ku dapat nilai tinggi :3

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum. kaka sebelum nya saya minta maaf, izin copy paste. terima kasih materi dan gambarnya.wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  6. sankyu gan nice post :D

    BalasHapus
  7. http://rex-venom.blogspot.com/2014/12/merakit-komputer-13-komponen-penting.html

    BalasHapus
  8. Misi gan, izin share ya...

    DVDRW External Asus
    Price Rp 300.000

    ASUS SDRW-08D2S-U LITE adalah writer DVD slim eksternal dengan kecepatan 8x. Desain yang stylish dan portabel dan hemat ruang. Penampilan drive yang berkisi-kisi terinsipirasi dari bentuk berlian sehingga produk ini terlihat unik dari berbagai sudut. Fitur tambahan seperti USB 2.0 dan E-Green Engine akan menyediakan kemampuan storage optik terbaik.

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    BalasHapus
  9. elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk

    obat asam lambung

    BalasHapus
  10. Mantab bosss lumayan untuk blajar untuk ulangan tp klo boleh saran sih...kasih perangkat input dan output jg yaaa thnks

    BalasHapus
  11. Nice, penjelasannya :D

    BalasHapus
  12. thanks gan info nya

    BalasHapus
  13. Terimakasih atas ilmunya karna sudah bermanfaat

    BalasHapus
  14. Terimakasih atas ilmunya karna sudah bermanfaat

    BalasHapus
  15. Izin save gambar buat digunain

    BalasHapus
  16. makasih penjelasan tentang
    bagian bagian cpu, sangat membantu

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Terima kasih, aku ada praktik tentang ini btw wkwk

    BalasHapus
  19. Terima kasih, aku ada praktik tentang ini btw wkwk

    BalasHapus
  20. Terima kasih karena ini saya dapat belajar untuk ambil nilai tukar kak

    BalasHapus
  21. oke gan, maksih banyak sudah share
    solder uap

    BalasHapus
  22. günstige trauringe are one of the most memorable and exciting things to make any couple feel for their partners. I have seen some weddings, where close friends or some close family members present trauringe günstig as a gift to the couple on their wedding day.well if you want to promot your wedding and want to inhance your twitter followers approch the get twitter followers from a trusted site.

    BalasHapus

  23. Nice post keep sharing such a great info
    Abu Dhabi carpet
    Carpet

    BalasHapus
  24. Thanks For Sharing Your Article was awsome
    Carpet Flooring

    BalasHapus

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang bersedia memberi komentar pada setiap artikel yang di bacanya. silahkan beri komentar atau masukan-masukan yang bermanfaat. Tapi Jangan Spam dan jangan lupa share ke teman-teman anda!